Rapor Merah (Evaluasi Pribadi di Akhir Tahun)

Seminggu berlalu dari Hari Idul Adha, maka mendekatlah akhir bulan Dzul Hijjah, bulan penghujung tahun 1435 H. Pada tiap akhir tahun Masehi umumnya perusahaan, organisasi, lembaga, atau instansi, baik swasta maupun pemerintah, melakukan evaluasi manajemen. Dari evaluasi diharapkan bisa dirancang program-program perbaikan pada tahun berikutnya sehingga kinerjanya bertambah baik dan bertambah baik.

Demikian pula selayaknya hidupku. Di bulan Dzul Hijjah ini, aku pun membutuhkan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) untuk mengevaluasi:
1. Apakah dalam setahun ini kehidupanku bertambah baik, dan bertambah baik perbekalanku untuk pulang kembali kepada Allah swt?
2. Apakah jalan dan pola hidupku masih sinkron dengan tujuan puncak, bahwa hanya Allah swt yang menjadi tujuanku dan kepentinganku dalam setiap desah nafas dan langkah kaki, sebagaimana kunyatakan setiap hari dalam syahadat?
3. Apakah program inti perbaikan harian dalam bentuk shalat sudah berdampak pada kehidupanku sehari-hari? Apakah program-program tambahan dalam bentuk amalan-amalan sunnah berimbas pada kualitas cara hidupku?
4. Apakah program inti perbaikan tahunan dalam bentuk puasa di bulan Ramadhan masih membekas dalam kehidupanku?
5. Apakah program inti perbaikan tahunan dalam bentuk zakat sudah membebaskan jiwaku dari belenggu material-duniawi?
6. Apakah aku masih tersemangati oleh kegigihan Nabiyullah Ibrahim as, Bunda Siti Hajar, dan putra mereka Isma’il dalam menekuni perjuangan kehidupan di tengah padang tandus? Apakah hatiku masih tergetar oleh kisah keperkasaan jiwa mereka menghadapi belenggu nikmat material? Apakah aku siap menyembelih kepentingan dan kenikmatan duniawiku jika Allah meminta?

Semua program peningkatan kualitas itu sudah disediakan Allah swt, baik yang harian maupun yang periodik. Dan, aku selalu menatap dengan muram angka-angka rapor kinerja kehidupanku. Ya Allah, sungguh aku telah berlaku zhalim atas jiwaku sendiri, dan jika engkau tidak mengampuniku, maka sungguh aku termasuk orang-orang yang merugi. Ya Allah berikanlah aku kekuatan dan kesabaran dalam menjalankan petunjukMu agar aku pantas menerima kebaikan sebagaimana kebaikan yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shaleh. Ya Allah ampuni aku. Ya Allah ampuni aku. Ya Allah ampuni aku.

Leave a Reply

