Ciri-Ciri Pelajaran Sejarah

Berikut ini adalah ciri-ciri pelajaran sejarah di sekolah menurut pengalaman saya:

1. Berisi hafalan peristiwa, nama tokoh dan tahun kejadian yang membosankan, tapi justru menentukan nasib akademis karena kekuatan hafalan menentukan jumlah jawaban yang benar dalam ujian.

2. Guru menyajikan hafalannya di depan kelas. Sesekali menulis di papan tulis, dan murid-murid mencatat karena biasanya itu yang muncul dalam ujian. Tapi, ada guru yang karena belum hafal, asyik membaca sendiri buku pelajaran sejarah, dan murid-murid mendengarkan.

3. Sejarah disajikan mengikuti urutan tokoh-tokoh yang muncul dalam pergantian kekuasaan, konflik dan perang. Maka, yang selalu samar dan bahkan lenyap dari pelajaran sejarah di sekolah adalah pelajaran tentang harmoni-kerjasama-kemanusiaan.

Sangat mungkin beda sekolah, beda cara penyajian pelajaran sejarah. Tapi, kalau melihat begitu mudahnya masyarakat diadu-domba, termasuk golongan yang per definisi adalah kaum terdidik, maka saya menduga ketiga ciri tersebut di atas tidak terlalu jauh meleset.

http://geotimes.co.id/kivlan-zen-isu-pki-dan-bangunan-persepsi-kesejarahan/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s