Mendidik Diri Sendiri Lewat Hal-Hal Sederhana

Hari ini saya mendapat pelajaran istimewa dari seorang teman kuliah yang berhimpun di satu grup WA. Yang di-share teman saya ini memang bukan materi baru, dalam arti sudah ada lama sebelum broadcast-nya sampai ke saya (sekurang-kurangnya menurut info dari Mbah Gugel, setahun lalu sudah beredar). Tapi, bagi saya baru dan inspiratif. Judulnya adalah “Ide Sedekah Kreatif”, berisi 38 ide bersedekah, yang masing-masing dihiasi ikon-ikon gadget kekinian yang lucu-lucu.

Saya mungkin tidak akan segera sanggup menghafal ke-38 ide tersebut sebagai modal awal untuk selalu siap melaksanakannya. Tapi, kalau saya bisa melaksanakan satu saja dari ke-38 ide itu secara rutin tentu ada manfaatnya. Apalagi kalau yang satu itu menular ke istri dan anak-anak saya. Terlebih lagi kalau yang satu itu menular lagi ke satu tetangga saya.

Saya jadi teringat salah satu guru saya di Madrasah, Bapak (alm.) Abdul Rahman (semoga Allah swt meninggikan derajatnya dengan setiap manfaat yang mengalir dari ilmu yang beliau ajarkan kepada semua murid beliau). Salah satu hadits yang beliau ajarkan yang masih saya ingat berbunyi “Man dalla ‘alaa khairin, falahuu mitslu ajri faa’ilihi“. (Barangsiapa yang menunjukkan kebaikan, maka baginya pahala sebagaimana orang yang melaksanakannya). Tapi, kalau hanya berbicara tentu saja tidak cukup. Tanpa melaksanakan kebaikan yang dikatakannya, seseorang malah akan mendapat murka dari Allah.

Kembali ke “Ide Sedekah Kreatif” yang dibagi teman saya, seandainya ada 10 orang yang punya niat melaksanakan dan menularkan satu ide sedekah saja, manfaatnya sungguh besar. Maka tak terkirakan manfaatnya jika ada 10 orang yang militan berjihad melaksanakan dan menularkan semua ide kebaikan tersebut. Itu jelas jauh lebih masuk akal ketimbang, misalnya, kebiasaan mengeluh dan mengkritisi ketidakdisiplinan umat, menggunjing pengurus masjid, dan lain-lain. Mengeluh masjid di sana tidak terawat; tempat wudhu di mushola itu tidak bersih; mukenanya tidak pernah dicuci; di sana sandal selalu hilang….Β  Ternyata, saya bahkan belum pernah melakukan hal-hal yang semestinya bisa saya lakukan.

Apakah mungkin ada 10 orang yang militan seperti itu? Tidak ada yang tidak mungkin. Mari kita tengok sesuatu di sekitar kita yang dulu terasa sebagai hal yang mustahil, namun kini terbukti. Kini, setiap kali bepergian dengan kereta api, baikΒ  commuter line Jabodetabek, maupun kereta api antar kota, saya merasa kagum, terharu dan bangga menjadi orang Indonesia. Bahwa, orang Indonesia bisa berdisiplin. Orang Indonesia bisa diajak menjaga kebersihan. Orang Indonesia bisa diajak tertib mengantre dan lain-lain.

Mungkin ada yang bilang, semua kedisiplinan yang membanggakan itu karena adanya sistem dan infrastruktur yang mendukung. OK, ada benarnya juga pendapat itu. Tapi intinya, orang Indonesia bisa melakukannya dan itu sudah lebih dari cukup sebagai alasan untuk berpikir positif. Anggap saja infrasruktur yang bersifat pemaksaan itu hanya permulaan saja. Dan, ketika masyarakat semakin bisa merasakan nikmatnya berdisiplin, akan selalu muncul pionir-pionir pembela ketertiban.

Bukan satu dua kali saya menyaksikan seorang pengguna Commuter Line menegur sesama penumpang, entah itu karena membuang sampah sembarangan, rebutan masuk gerbong sebelum penumpang yang hendak turun keluar dari gerbong, menempati kursi prioritas atau tidak memberikan tempat duduk buat penumpang lansia. Artinya apa? Di tengah masyarakat sudah tersedia agen-agen perubahan yang siap membela sesuatu yang menyangkut kepentingan dan kenyaman bersama. Jadi, mari berpikir positif, pejuang-pejuang militan yang siap melaksanakan dan menularkan sedekah kreatif itu insya Allah akan muncul.

Sambil menanti hadirnya para pejuang itu, saya akan berusaha mengingat poin-poin ide sedekah kreatif yang di-share teman saya itu. Semoga orang yang mencetuskan ide tersebut, lalu sudi menuliskan dan membaginya, mendapat balasan dari Allah swt sebanyak manfaat yang telah dihasilkan dari segenap pelaku sedekah. Amin ya Rabbal ‘alamin.sedekah kreatif

IDE SEDEKAH KREATIFπŸ„

πŸšπŸ—πŸ€πŸ– Siapkan nasi bungkus Β dari rumah. Β  Β Berikan ke yang kira2 membutuhkan. Pedagang kecil. Pengemis. Orang gila. Pengamen. Anak terlantar etc. Ngga usah banyak juga gpp. Misal 1 bungkus setiap harinya

πŸšΏπŸ›πŸ›€πŸΌ Laundry/cucikan Mukena secara berkala musholla yg ada disekitar lingkungan kita

πŸ‘˜πŸ‘°πŸΌπŸ‘˜ Berkala beli Mukena baru. Misal 3 bulan sekali. Malu dong sama Allah pake itu-itu mulu. Yang lama? Ya disedekahin πŸ˜‰

🎁🎁🎁 Bawa Mukena ketika akan berpergian. Tinggalkan di masjid/ musholla yg kita singgahi

πŸ‘šπŸ‘•πŸ‘” Beli kamper/pengharum baju. Taruh di kumpulan mukena di masjid/musholla yg kita singgahi

🎁🎁🎁 Bungkus perlengkapan shalat (Mukena, sarung, sajadah, kopiah, Al Qur’an jadikan parcel ketika lebaran. Berikan ke satpam komplek atau tukang kebersihan komplek atau office boy dikantor. 1 parcel senilai 100ribu aja. Pahalanya bisa terus-terusan. InsyaAllah

πŸ‘ŸπŸ‘žπŸ‘‘ Beli beberapa pasang sandal (banyak yang 10ribuan sepasang). Taruh di kantor atau musholla dan masjid untuk di gunakan ketika berwudhu

πŸšΏπŸ›πŸšΏ Beli perlengkapan untuk membersihkan toilet, juga pengharum ruangan berikan secara berkala ke masjid2

πŸ‘³πŸ»πŸ‘¦πŸ»πŸ‘³πŸ» Buat yang shalat Jum’at. Datang 15 menit lebih awal. Bantu bersih-bersih dan beres-beres. Ga kebayang pahalanya orang nyaman shalat gara-gara kita πŸ™‚

πŸšΏπŸ›πŸšΏ Kalau berwudhu kumpulkan airnya dalam ember (ditadahin gitu), sedekahkan untuk tanaman (sedekah alam)

🍢🍼🍢 Kumpulkan botol minuman plastik/ botol bekas shampoo etc. Rusak dulu. Misal patahkan tutup botolnya. Agar tidak disalahgunakan. Setelah banyak berikan ke pemulung.

Belum pernah kan liat mata pemulung berbinar2 sambil ngucapin makasih berulang-ulang. Buat kita ngga ada harganya. Buat mereka langsung dikasih banyak yg mereka cari itu ruarr biasa rasanya #seka_air_mata (Ilmu ini saya dapatkan dari Om saya. Makasih Om. Barakallah)

🚚 πŸš› 🚚 Lakukan sorting sampah di rumah, menjadi :
– Sampah wadah kemasan, plastik, kantong [untuk pemulung].
– Sampah dapur [untuk dijadikan kompos, sedekah untuk alam]
– Sampah kertas/karton [untuk pemulung]
– Sampah campuran [plus bayar iuran sampah, untuk sedekah tukang sampah]
– Sampah tulang [Buat mpus]

🍸🍹🍷 Kalau beli/disuguhi air minum dalam kemasan, kalau ada sisa bawa pulang. Airnya bisa disedekahkan untuk tanaman (sedekah alam), dan wadahnya dikumpulkan.

πŸ—πŸ›πŸ–πŸΆ Β Kalau piknik dan bepergian or makan diluar bawa tempat sampah untuk dibawa pulang, sehingga bisa disedekahkan sampahnya (lihat butir di atas). Serta memberi sedekah kepada orang lain, karena menggunungnya sampah. Inget sampah tulang buat mpus yang udah nunggu dirumah. Semuanya jadi bermanfaat ga ada yang mubazir

🐦🐧🐦🐧 Beli beberapa burung (yang murah aja) lepaskan ke alam bebas

🐯🐯🐯 Beli makanan mpus siap saji (wis***) taruh di tas (toplesin). Ketika dijalan ketemu kucing liar berikan. (cat lovers pastinya agree bingits nih)

🍢🍼🍢  Beli barang diskonan di supermarket agak banyak. Misal detergent, minyak goreng, sabun, buku tulis, pulpen kemudian bungkus cantik hadiahkan ke panti asuhan atau rumah singgah

πŸ™…πŸ»πŸ™…πŸ»πŸ™…πŸ» Jangan nawar sama pedagang kecil. Kalo bisa kasih lebih

πŸ“ŽπŸ“°πŸ”§Beli tissue atau keperluan yg remeh temeh di pedagang kecil yg kita jumpai. Beli tissue 2000 rupiah atau ikat rambut atau peniti udah bikin mereka senang

πŸŸπŸ€πŸ›πŸ§ Ketika makan di kaki lima ada pengemis atau anak terlantar beliin mereka seporsi seperti yang kita makan (mungkin sekitar 15ribuan seporsi nasi uduk ayam goreng atau roti bakar)

πŸ°πŸŽ‚πŸ«πŸž Siapa yg suka jualan makanan kecil dikantor? Gratisin buat yg buka puasa. Kebayangkan gorengan 2000 bisa bikin kita masuk surga. InsyaAllah

πŸ°πŸŽ‚πŸ«πŸž Ada pembangunan masjid? Bisa bikin gorengan? Berikan beberapa ke pekerja. Misal 50 bakwan goreng dengan modal 25rb bisa bikin senang yg kerja πŸ˜€

πŸ™‹πŸ»πŸ™‹πŸ»πŸ™‹πŸ» Selalu siap jika dimintai tolong tenaga jika sedekah materi belum bisa kita lakukan

πŸš•πŸš‹πŸšπŸ’΄ Bayar lebih ketika naik angkot yang supirnya kakek2 atau bapak tua

πŸ’΄πŸ’°πŸ’· Kasih tips lebih buat ibu/abang ojek online kalo kira-kira jaraknya jauh dan juga kondisi mereka yg kira2 memprihatinkan (tua misalnya)

πŸ’΄πŸšπŸš– Ketika di bis/di angkot. Bayarin nenek-kakek yg keliatan kurang mampu/ Suami istri yg buta πŸ˜₯

🍷🍹🍸 Pas bulan Ramadan. Diperkirakan buka puasa diperjalanan. Angkot, bis, kereta, busway etc. Siapkan beberapa air mineral (gelas) pas adzan bagi-bagi. Kebayang beli 5000 aja udah dapat 10. Kita dapat 10 pahala beri minuman orang berbuka. InsyaAllah

βœˆπŸš—πŸš™πŸš€ Tawarkan temen kita yang searah. Jika kita bawa kendaraan. Ingat ini yg sesama jenkel nya yaa πŸ™‚ kalo beda jenkel bisa panjang urusannya kalo terus menerus (paham kan?)

🎨😎🎨 Buat Designer Grafis/ animator. Bantu bikin design poster Kajian/ bikin obb bumper buat video Kajian. Free😘

πŸŽ₯πŸ“ΉπŸŽ₯ Buat Cameraman. Bantu ambil gambar pada saat Kajian. Untuk disebarluaskan di sosmed. Free juga dong 😘

πŸ”ˆπŸ“£πŸ’» Buat para editor. Bantu ngedit video Kajian untuk disebar di sosmed or YouTube. Free pastinya 😘

πŸ“πŸ“„πŸ“ƒ Catat poin yang penting-penting ketika ikut Kajian. Seminar parenting or seminar-seminar yg bermanfaat buat banyak orang. Lalu ketik. Sebar di Whatsapp juga sosmed lainnya

🏰🏩🏰 Kebiasaan kami sekeluarga besar, kalo pulkam liburan (ke padang). Anak laki-laki diberi tugas bersihin toilet dan tempat wudhu masjid. Liburan yg keren kan πŸ˜‰

🚲πŸ₯πŸΈπŸš€ Rutin mensortir mainan anak-anak kita. Buy 1 give 1. Ketika beli mainan baru harus ada 1 mainan yang disedekahkan. Ajari dan ajak anak kita ketika memberi mainan tersebut ke temannya atau panti asuhan

🚲πŸ₯πŸΈπŸš€ Anak ultah? Bikin goodie bags. Kasih ke Panti Asuhan bareng anak. Ini melatih sikap empati anak kepada sesama.

πŸ‘¦πŸ»πŸ‘³πŸ»πŸ‘ΈπŸ» Punya ilmu? Misal bisa gambar, bisa ngajar Al Qur’an/Iqra. Jago matematika. Suka dunia anak? Sesekali pas wiken dateng deh ke rumah singgah. Buka kelas. Kebayang happy nya anak-anak terlantar di ajarin sama kakak yang mumpuni di bidangnya. Sahabat saya graphic designer handal udah melakukan ini. Beliau ngajarin gambar anak-anak. Proud of u Ca 😘

πŸ‘­πŸ‘¬πŸ‘« Beberapa bisa dilakukan dengan anak-anak kita. Biarkan anak-anak kita melihat kebaikan yang orang tuanya lakukan. Karena satu contoh perbuatan akan lebih efektif dari 100 nasehat. Semoga kebaikan-kebaikan ini selalu ada penerusnya hingga akhir jaman. Aamiin

Children see… Children do. Make your influence positif

πŸ“πŸ“„πŸ“ƒ Share status ini semoga jadi salah satu timbangan amal jariyah kita nanti. Aamiin

Segitu dulu. Mungkin yang lainnya mau menambahkan. Silakan tinggalin jejak di kolom komen yaaa. Nanti saya copas di body text. Mamacihh

Semoga menginspirasi πŸ˜˜πŸ’ƒπŸ’ͺπŸ»πŸ˜‰πŸ˜‡

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s