Abaikan Stimulus yang Tidak Relevan

Salah satu ciri ideal ruang belajar yang menggunakan model pembelajaran Metode Sentra adalah balai besar tanpa sekat tembok. Balai besar itu dibagi-bagi dengan sekat rak-rak yang tingginya tetap memungkinkan para guru di satu kelompok bisa saling melihat dengan rekannya di kelompok lain. Dengan demikian, jika terjadi, misalnya, kegaduhan di satu kelompok atau kelas, maka kelompok atau kelas lain bisa mendengarkan.

Dengan pengaturan seperti itu, anak belajar membiasakan diri tetap fokus pada pekerjaan dan urusan mereka, membebaskan diri dari stimulus yang tak berhubungan dengan pekerjaan dan urusan mereka. Anak-anak sekolah Batutis Al-Ilmi di Pekayon Bekasi, hampir sepanjang tahun dikunjungi para peserta pelatihan maupun observasi. Dan, belajar mereka tak terganggu. “Abaikan stimulus yang tidak berhubungan dengan pekerjaan kita,” begitu kalimat yang biasa diucapkan guru kepada anak-anak sekolah Batutis.
Beberapa pekan lalu, saya menemani para peserta pelatihan mengobservasi SD Batutis Al-Ilmi. Mereka terpesona pada ketertiban belajar anak-anak kelas IV, V dan VI SD yang menempati ruang belajar di lantai 2, Nyaris sunyi.Keadaan cukup berbeda di lantai 1, yang ditempati anak kelas I, II dan III yang, meskipun relatif lebih tertib dari anak-anak TK, sesekali masih ada anak berlari di koridor ruang kelas.
Jika terlatih fokus, anak-anak memiliki bekal untuk tahan terhadap berbagai stimulus negatif di sekiarnya. Dan yang lebih penting, lincah membawa diri dalam berbagai situasi tanpa menimbulkan gangguan pada orang lain. Mungkin alam media sosial akan elok sekali seandainya diisi oleh generasi yang fokus.
SD Batutis
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s